Senyum Sumringah Warga Dusun Tajuia Sambut Bantuan Fasilitas Air Bersih dari PLN ULP Selayar

Ahmad Riadi
Exif_JPEG_420

SELAYAR, Quarta.id- Penantian selama kurang lebih setahun masyarakat Dusun Tajuia di Kecamatan Bontomatene akan kembali hadirnya layanan air bersih, terbayarkan pasca kehadiran rombongan Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Selayar di kampung tersebut pada Selasa (16/9/2025).

Rombongan yang dipimpin langsung Manager PLN ULP Selayar, Don Rizki Prananda, datang membawa kebutuhan pengelolaan air baku pada sumur Tajuia yang selama ini menjadi tumpuan masyarakat kampung untuk kebutuhan Mandi, Cuci dan Kakus (MCK).

BACA JUGA: Krisis Air Bersih Landa Desa Bungaiya dan Sekitarnya, Ini Penjelasan PAM Tirta Tanadoang

Acara penyerahan bantuan sarana sistem air bersih itu dilaksanakan di pelataran masjdi Dusun Tajuia, ditandai dengan penyerahan secara simbolis serta diskusi bersama warga.

Sebelumnya, sumber air dari gua yang di dalamnya mengalir air bawah tanah itu dikelola oleh pihak PDAM Kepulauan Selayar dan terhenti beberapa waktu karena kendala teknis.

Dengan kehadiran bantuan berupa mesin pompa, pipa dan perangkat pendukung lainnya dari PLN itu, menjadi peluang masyarakat kampung mengelola sumur tajuia sebagai sumber pemenuhan air bersih secara mandiri.

BACA JUGA: Nakhoda Baru PAM Tirta Tanadoang dan Cerita Pilu Warga Dusun Tajuia

“Selama ini kami melakukan pemompaan dengan mesin seadanya dan belum maksimal dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di dusun kami,” ucap Amirullah selaku Kepala Dusun Tajuia pada lokasi acara.

Amirullah menambahkan bahwa dengan terpenuhinya kebutuhan air bersih hingga ke rumah-rumah dan titik-titik aktivitas warga, seperti perkebunan dan lokasi peternakan, hal itu akan mendorong pergerakan ekonomi masyarakat.

“Air bersih sangat dibutuhkan untuk peternakan, perkebunan hingga para pelaku UMKM,” lanjut Amirullah.

BACA JUGA: Serunya Para Siswa Belajar Keamanan Listrik Melalui PLN Goes to School

Sementara itu, Manager UP PLTD Selayar, Doan Rizki Pirnanda menyampaikan bahwa bantuan fasilitas air bersih di Dusun Tajuia diberikan melalui skema Corporate Social Responsibility (CSR).

“PLN Indonesi Power berkomitmen untuk hadir pada persoalan sosial yang ada di masyarakat, selain melaksanakan tugas utama menyediakan layanan kelistrikan,” ucapnya pada lokasi acara.

Doan Rizki Pirnanda menyebut, selain di Dusun Tajuia, pihaknya juga telah mendistribusiak beberapa bantuan melalui CSR perusahaan.

“Semoga kehadiran PLN melalui bantuan sarana air bersih di Dusun Tajuaia, bisa memberi manfaat sosial dan ekonomi untuk masyarakat,” Imbuh Doan.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp-Image-2024-01-11-at-07.35.08